Kegiatan pembelajaran menyenangkan yang menyesuaikan cara siswa berkomunikasi |
Guru harus mampu mengefektifkan komunikasi dengan setiap
siswanya, agar guru tersebut dapat menempatkan diri ketika berkomunikasi dan
merancang strategi pembelajaran yang akurat sesuai kebutuhan para siswanya.
Kita harus mengetahui bahwa orang (termasuk siswa)
memandang dunia sekitarnya berdasarkan tiga sudut padang. Sudut pandang
tersebut antara lain:
- Visual
- Auditori
- Kinestetik
Dalam praktiknya, tidak dapat dipungkiri guru memang
kesulitan dalam mengamati tipe dari siswa yang sedang dihadapinya.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini
beberapa ciri khas dari ketiga sudut pandang tersebut.
Orang Tipe Visual
Orang visual hidup dalam dunia yang terdiri dari gambar atau sesuatu yang terlihat. Biasanya orang dengan tipe ini:- Berbicara cepat,
- Sering menggerakan-gerakan tangannya saat bicara
- ketika berfikir sering melihat keatas
- Hobinya biasanya menonton film atau mengunjungi pameran lukisan
- Kegiatan pembelajaran yang disukai: menonton atau melihat gambar materi
Dari perbendaharaan katanya, sering terdengar kata:
- “Kelihatannya menarik”
- “Saya mau melihatnya terlebih dahulu”
- “Pak Guru, tolong tunjukan kepada saya”
- “Bayangkan apa yang akan terjadi”
- Saya bisa menggambarkannya”
- “Nampaknya...”
Orang Tipe Auditori
Orang auditori memiliki karakteristik:
- Bicara dalam kecepatan sedang dan agak berirama
- Sering menggunakan gerak tubuh
- Pandangan matanya kearah kanan atau kearah kiri
- Hobbinya biasanya mendengarkan atau memainkan musik
- Kegiatan pembelajaran yang disukai: Ceramah, atau belajar sambil mendengarkan musik
Orang tipe auditori sering mengucapkan kata-kata:
- “Saya mendengar apa yang anda katakan”
- “Terdengar enak bagi saya”
- “Banyak orang mengatakan bahwa..”
- “Kedengarannya...”
- “Dengarlah...”
- “Nadanya seperti ...”
Orang Tipe Kinestetik
Orang kinestetik memiliki karakteristik:
- Biasanya berbicara lambat dan detail
- Cenderung mengarahkan kepalanya kebawah ketika berbicara
- Ia sering membicarakan apa yang dirasakannya
- Hobbinya biasanya olahraga
- Kegiatan pembelajaran yang disukai: Praktik
Kosa kata yang sering digunakan oleh orang kinestetik
adalah:
- “saya dapat merasakan manfaat pelajaran ini”
- “sangat nyaman sekali membahas materi ini”
- “cerita itu begitu menyentuh...”
Seorang guru yang dapat menyentuh pikiran siswanya akan
sangat bermanfaat. Untuk dapat menyetuh
dan mempengaruhi pikiran siswa anda maka anda pun harus dapat menempatkan diri
seperti siswa anda, misalnya, untuk menyentuh orang bertipe visual maka
jadilah orang visual, untuk menyentuh orang auditori jaidalh auditori, dan
untuk orang bertipe kinestetik jadilah kinestetik. Sekalipun anda bukan orang bertipe tersebut.
Ada banyak cara untuk agar bisa mengetahui sistem
representasi yang digunakan seseorang. Umumnya dapat dikenali saat anda
bercakap-cakap dengan orang tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan
untuk mengenali mereka adlaah dengan mengajukan pertanyaan yang membuat mereka
mengingat-ingat pengalamannya.
Dengan mengetahui ketiga tipe orang: Visual, Auditori,
dan Kinestetik; dan menyesuaikan diri anda dengan masing-masing tipe tersebut,
siswa anda akan merasa akrab dan cocok dengan anda. Anda memiliki kesempatan
lebih besar untuk mendidik karakter siswa tersebut.
Jadi, jika anda ingin menjadi guru yang profesional
kenalilah siswa anda secara pribadi, bercakap-cakaplah dengan mereka. Jangan
hanya mengandalkan percakapan didalam kelas, tetapi juga maksimalkan interaksi anda dengan siswa anda diluar kelas.
Referensi
Zam, E. Z. (2015). Hipnotis Untuk Kehidupan Sehari-hari. Jasakom.