Membuktikan Persilangan Monohidrid dan Dihibrid dengan Kancing Genetika

1375542_201c7b0d-767a-49b5-a810-b77c36baec0a
Kancing Genetika

Hereditas merupakan salah satu bab yang dipelajari di Biologi kelas XII. Hereditas mempelajari pewarisan sifat berdasakan Hukum Mendel. Hukum Mendel terdiri atas Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II yang dibuktikam mendel melalui persilangan monohibrid dan dihibrid. 

Persilangan monohibrid merupakan persilangan satu pasang sifat yang berbeda. Berdasarkan eksperimen Mendel dengan menyilangkan Kacang Ercis Hijau (Dominan) dan Kuning (Resesif), perbandingan yang didapatkan adalah 3 Hijau : 1 Kuning.

Persilangan dihibrid merupakan persilangan dua pasang sifat yang berbeda. Berdasarkan ekeperimen Mendel yang menilangkan Kacang Ercis Hijau Bulat (Dominan) dan Kuning Keriput (Resesif) menghasilkan perbandingan anakan pada generasi kedua adalah 9 Hijau Bulat : 3 Hijau Keriput : 3 Kuning Bulat : 1 Kuning Keriput.

Menyampaikan pembelajaran mengenai persilangan monohibrid dan dihibrid dapat dilakukan dengan eksperimen/games dengan Kancing Genetika. Perangkat pembelajaran Kancing Genetika dirancang untuk membuktikan hasil persilangan monohibrid dan dihibrid yang dilakukan oleh Mendel.

Berikut ini adalah langkah kerja membuktikan persilangan Mendel dengan Kancing Genetika berdasarkan pengalaman penulis.

Persilangan Monohibrid

Alat dan Bahan
  1. 2 buah gelas Beker
  2. 30 pasang kancing genetika merah
  3. 30 pasang kancing genetika putih

Langkah Kerja
  1. Ambil 30 pasang kancing genetika berwarna merah kemudian letakkan pada gelas beker 1.
  2. Ambil 30 pasang kancing genetika berwarna putih kemudian letakkan pada gelas beker 2.
  3. Pisahkan setiap pasang kancing genetika pada dua gelas yang berbeda
  4. Capurkan 30 buah kancing merah dan 30 kancing putih pada gelas 1, dan lakukan hal yang sama pada sisa pasangannya dan campurkan pada gelas 2.
  5. Kocoklah kedua gelas beker agar letak kancing genetika setiap warna tidak berkumpul di satu sudut.
  6. Ambil satu persatu kancing genetika dari grlas1 dan kancing genetika dari gelas 2 secara bersamaan dengan mata tertutup untuk kemudian di pasangkan dan diletakkan secara berjajar.
  7. Lakukan kegiatan 6 secara berulang sampai kancing genetika habis.
  8. Jika ada pasangan kancing genetika berwarna merah dan putih, maka letakkan kancing genetika berwarna merah diatas sebagai tanda dominan.
  9. Hitunglah jumlah pasangan kancing genetika yang berwarna merah-merah, merah-putih, putih-putih.
  10. Catatlah hasil penghitungan.
Persilangan Dihibrid

Alat dan Bahan
  1. 4 buah gelas beker
  2. 30 pasang kancing merah (Dominan terhadap putih)
  3. 30 pasang kancing putih
  4. 30 pasang kancing kuning (Dominan terhadap hijau)
  5. 30 pasang kancing hijau
Langkah Kerja
  1. Ambil 30 pasang kancing genetika berwarna merah kemudian letakkan pada gelas beker 1.
  2. Ambil 30 pasang kancing genetika berwarna putih kemudian letakkan pada gelas beker 2.
  3. Ambil 30 pasang kancing genetika berwarna kuning kemudian letakkan pada gelas beker 3.
  4. Ambil 30 pasang kancing genetika berwarna hijau kemudian letakkan pada gelas beker 4.
  5. Pisahkan setiap pasang kancing genetika baik kancing genetika yang berwarna putih dan merah pada gelas beker 1 dan 2, serta kancing genetika berwarna kuning dan hijau pada gelas beker 3 dan 4.
  6. Kocoklah keempat gelas beker agar letak kancing genetika setiap warna tidak berkumpul di satu sudut.
  7. Ambil satu persatu kancing genetika jantan dan kancing genetika betina secara bersamaan dengan mata tertutup untuk kemudian di pasangkan dan diletakkan secara berjajar.
  8. Lakukan kegiatan 7 secara berulang sampai kancing genetika habis.
  9. Jika ada pasangan kancing genetika berwarna merah dan putih, maka letakkan kancing genetika berwarna merah diatas sebagai tanda dominan.
  10. Jika ada pasangan kancing genetika berwarna kuning dan hijau, maka letakkan kancing genetika berwarna kuning diatas sebagai tanda dominan.
  11. Hitunglah jumlah pasangan kancing genetika yang berwarna merah dominan + kuning dominan, merah dominan + hijau, putih + kuning dominan, putih + hijau. Catatlah hasil penghitungan.
Demikianlah langkah kerja pelaksaan pembelajaran dengan kancing genetika. Pembelajaran dengan kegiatan memiliki lebih banyak keuntungan dari pada bembelajaran biasa. Berikut ini beberapa keuntungan dari dilaksanakannya kegiatan ini:
  1. Siswa lebih memahami konsep pembentukan gamet segregasi bebas dan penggabungan bebas gamet-gamet saat peleburan sel kelamin seperti yang diungkapkan mendel pada Hukum Mendel I dan II.
  2. Merangsang siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran
  3. Pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan karena siswa aktif
Berikut ini adalah galeri pelaksanaan kegiatan pembuktian persilangan mendel dengan kancing genetika yang penulis laksanakan di kelas XII IPA 1 dan 2 SMA Kristen Makedonia Ngabang, Kalimantan Barat.
14900515_10207779510150648_3598890003465350842_n

14900592_10207779509790639_7431778627318929942_n

14915309_10207779513270726_4466257466375252318_n

14915503_10207746723010990_4338260127052359506_n

14938365_10207779509990644_7977662280428229644_n+%25281%2529

14938365_10207779509990644_7977662280428229644_n

14956044_10207779511350678_3494067005582870058_n

14956395_10207746723170994_4678807781592602735_n

14962719_10207779512030695_788018167764826483_n

14962761_10207779510990669_3872408621517498394_n


Demikian kegiatan pembelajaran dengan kancing genetika, selamat mencoba.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Monday, September 02, 2019 delete

Ada, contoh hasil data percobaanya

Reply
blogger_logo_round_35

1f600:)
1f615:(
1f601hihi
1f60f:-)
1f603:D
1f62c=D
1f604:-d
1f61e;(
1f62d;-(
1f616@-)
1f61c:P
1f62e:o
1f606:>)
1f609(o)
1f614:p
2753:-?
1f619(p)
1f625:-s
1f620(m)
1f60e8-)
1f624:-t
1f634:-b
1f635b-(
1f637:-#
1f35c=p~
1f4b5$-)
1f44d(y)
1f33a(f)
1f60dx-)
1f496(k)
1f44f(h)
1f378cheer