TIPS ANTIMAINSTREAM UNTUK MENENTUKAN PENDIDIKAN LANJUTAN


Tips Antimainstream
Setelah selesai pergumulan dengan Ujian Nasional, para pelajar tentu akan digalaukan lagi oleh urusan memilih sekolah/ universitas. Tentu saja banyak pertimbangan dalam memilih sekolah/ universitas. Pada tulisan saya kali ini saya akan membagikan tips-tips antimainstream dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikanmu.

Tips #1: Jangan Memilih Sekolah/ Universitas Favorit

Berada di sekolah yang favorit tidak serta merta membuat kamu menjadi orang yang terfavorit juga. Selain itu tidak sedikit sekolah favorit yang hanya menjual nama tenar dan fasilitas yang wah namun tidak menyediakan pendidikan moral yang tepat. 

Tips #2: Jangan Memilih Sekolah/ Universitas Unggulan

Sama seperti kalimat pada tips #1, berada di sekolah unggulan tidak serta merta menjadikan kamu pribadi yang unggulan. Bahkan tidak menutup kemungkinan keunggulanmu akan hilang jika berada di tempat yang berlabel unggulan. Mengapa demikian? Karena ketika berada ditempat yang hebat seseorang akan merasa hebat dan akhirnya tidak mau lagi belajar. Ada sebuah perumpamaan yang cukup menarik, perumpamaan tersebut berbunyi demikian,”Orang yang cantik memakai baju jelek tidak membuat wajahnya menjadi jelek, sebaliknya orang jelek memakai baju indah tidak semerta-merta membuat wajahnya cantik juga”. Dimanapun kamu melanjutkan pendidikan bukan tempat yang hebat membuat kamu hebat, namun kemauan untuk menjadi pribadi yang hebatlah yang akan membuatmu hebat.

Tips #3: Sebaiknya jangan sekolah

Eits, kalimat diatas belum selesai ya!, sebaiknya jangan sekolah jika kamu tidak niat. Banyak orang yang sekolah hanya ikut-ikutan saja dan akhirnya ia merugikan banyak orang. Orang tua pasti dirugikan karena usaha yang mereka lakukan untuk menyekolahkanmu akan menjadi sia-sia. Tapi satu hal yang perlu kamu ingat, bertanggungjawablah terhadap pilihanmu!

Demikianlah tips-tips antimainstream untuk menentukan pilihanmu untuk melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya. Pahamilah dengan bijaksana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »