Review materi dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan selain hanya dengan tanya jawab konvensional atau kuis. Minggu lalu siswa kelas XII IPA di tempat saya mengajar sudah mempelajari materi mengenai enzim, seperti biasa saya melakukan review materi.
Pada pertemuan kali ini saya mencoba menerapkan suatu metode pembelajaran untuk mereview materi. Metode tersebut adalah Medote Circle In-Circle Out. Metode pembelajaran ini sebenarnya modifikasi dari metode tanya jawab antar siswa.
Berikut ini step by step penerapan metode cricle in-circle out:
- Guru membentuk 2 kelompok siswa dengan jumah yang sama
- Setelah kelompok terbentuk guru meminta siswa membuat pertanyaan mengenai materi yang mereka kuasai. Stok pertanyaan tergantung kebutuhan, yang saya lakukan saya meminta siswa membuat masing-masing 5 pertanyaan.
- Setelah siswa membuat pertanyaan, guru mengecek soal yang dibuat siswa agar tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran.
- Saatnya memulai inti kegiatan. Guru mengajak siswa kelauar kelas dan 2 kelompok siswa yang telah dibentuk di minta untuk membentuk lingkaran. Salah satu kelompok berada di dalam kelompok lainnya.
- Siswa-siswa dari lingkar dalam dan lingkar luar saling berhadapan dan saling mengajukan pertanyaan. Satu pertanyaan dibatasi waktu maksimal 2,5 menit.
- Untuk bertukar pasangan, guru meminta siswa yang berada di lingkar luar untuk bergerak searah jarum jam, dan siswa yang berada di lingkar dalam bergerak berlawanan jarum jam, sambil siswa bergerak guru dan siswa menyanyikan sebuah lagu dan saat lagu berhenti/ di stop oleh guru, siswa harus berhenti bergerak dan sudah menemukan pasangan baru untuk kembali saling ber-tanya jawab. Satu putaran satu pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing siswa.
- Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan di beri tanda bintang oleh siswa yang mengajukan pertanyaan, yang nantinya bintang tersebut dapat dijadikan patokan penilaian oleh guru. Misalnya dari 5 pertanyaan yang di ajukan siswa mendapatkan 4 bintang, maka guru dapat memberi nilai 80 kepada siswa tersebut.
Demikianlah metode crcle in-circle out yang saya terapkan untuk mereview materi yang telah dipelajari. Tentunya setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Berdasarkan pengalaman dari penerapan metode circle in-circle out yang telah dilaksanakan, kelebihan dari metode ini adalah:
- Menyenangkan karna dilakukan diluar kelas dan dimainkan dengan lagu.
Tanya jawab antar siswa jadi lebih menyenangkan - siswa aktif bergerak
- siswa tidak tertekan akibat review materi dengan kuis atau tanya jawab yang menegangkan.
Sedangkan kelemahan dari metode ini adalah:
- Jumlah siswa harus genap, tidak bisa ganjil.
- Berisik
- Membutuhkan waktu yang relatif lama.
Terlepas dari kelebihan dan kelemahannya, metode circle in-circle out ini layak di coba agar kelas menjadi lebih hidup dan menarik. Selamat mencoba.