GOOD LOOKING TEACHER

Satu minggu sebelum saya bekerja di Sekolah dimana saat ini saya mengajar, saya dan beberapa teman yang waktu itu sama-sama baru akan masuk mendapat pelatihan dari bagian HRD Yayasan tersebut. Pelatihan tersebut di bawakan oleh Bapak Pantar Sigit, salah satu staf HRD Yayasan dan merupakan seorang ahli komunikasi.

Didalam pelatihan tersebut salah satu materi yang disampaikan adalah mengenai "Penampilan Seorang Guru". Saya kira hal seperti ini tidak akan di temui dalam mata kuliah di STKIP maupun FKIP di manapun di Indonesia (atau saya yang tidak tau atau saya yang lupa jika hal ini pernah diajarkan di bangku kuliah he..he..), jadi menurut saya ini merupakan hal yang menarik.

Hal yang saya pahami dari pelatihan yang saya dapatkan tersebut Good Looking Teacher bukan berarti harus berwajah rupawan atau bertubuh atletis. Namun bagaimana seorang guru membawakan penampilan diri yang enak dipandang dan bisa diterima oleh siswa-siswinya di kelas.

Hal ini sebenarnya merupakan ilmu berkomunikasi yang simpel dan mudah di pahami. Logikannya adalah, jika anda enak dipandang anda akan dipandang/diperhatikan. Enak dipandang (Good Looking) yang saya pahami disini bukan sekedar enak di pandang mata, namun mencakup keseluruhan hal yang membuat anda menarik.

Berdasarkan pengalaman selama mengajar dan beberapa ingatan pada pelatihan yang tiga tahun lalu pernah saya dapatkan, untuk menjadi Good Looking Teacher ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
Good looking teacher, guru menarik, guru yang enak dipandang
A Good Looking Teacher
  • Perhatikan gaya berpakaian anda. Saya setuju dengan pernyataan bahwa guru merupakan seorang educated entertainer. Seorang entertainer tentunya harus memperhatikan gaya berpakaiannya. Sering-seringlah mengupdate gaya berpakaian formal yang terbaru, namun tetap mempertimbangkan bahwa guru adalah seorang model yang akan ditiru oleh siswanya.
  • Perhatikan kerapian dalam berpakaian. Sebelum kita mengajar sebaiknya baju yang kita gunakan sudah disetrika, jangan muncul didepan kelas dengan pakaian yang kusut. Jangan gunakan baju lebih dari dua hari. Jika anda tipe orang yang mudah berkeringat, jangan gunakan baju anda lebih dari satu hari.
  • Perhatikan bau badan. Saya tanya anda, berapa lama anda mampu berdiri didekat orang yang bau ketek? jawab masing-masing. Jika anda tanya saya, saya hanya mampu dalam hitungan 5,4,3,2,1... hahaha. Hal ini membuat saya berfikir jika badan saya bau dikelas, apakah siswa akan sanggup belajar dengan saya? tentu tidak. Jadi jika anda ingin menjadi Good Looking Teacher sebaiknya perhatikan bau badan anda. Satu hal yang perlu kita ingat "kita tidak akan bisa mencium bau badan kita sendiri" jadi gunakanlah deodoran dan parfum. Untuk parfum, pilih parfum yang beraroma soft, bukan yang beraroma tajam menusuk hidung, anda tentu bisa membedakannya. 
  • Perhatikan raut wajah anda. Wajah yang kusut tidak berbeda dengan baju yang kusut. Ini yang menurut saya cukup sulit untuk dilakukan, apalagi ketika suasana hati yang sedang tidak baik. Namun inilah luar biasanya profesi guru, tidak berbeda jauh dengan entertainer yang harus terus terlihat menarik meski suasana hati sedang tidak baik, jadi saya berusaha semampu saya. Hal-hal yang selalu saya lakukan untuk menjaga raut wajah agar selalu menarik adalah, saya selalu memandang cermin sebelum saya masuk kekelas, mensimulasikan wajah yang tersenyum dan berusaha terlihat menarik, termasuk memastikan tidak ada hal-hal aneh diwajah saya (misalnya, belekan atau ada cabai di gigi).
Demikianlah pengalaman dan pengetahuan yang dapat saya bagikan untuk dapat menjadi seorang Good Looking Teacher. Tapi ingat, "jangan berlebihan", karena segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi tidak baik dan tetap jaga wibawa sebagai seorang guru yang akan di gugu dan di tiru oleh siswa anda.

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang guru yang enak dipandang, mungkin saya juga tidak bisa melakukannya dengan sempurna. Namun, saya akan terus belajar, karna bagi saya sebelum pelajaran yang saya bagikan diterima siswa, saya sebagai pribadi harus diterima terlebih oleh siswa di kelas tersebut. 

Saya sangat menunggu share pengalaman dari rekan-rekan guru mengenai pengalamannya menjadi Good Looking Teacher dikelas masing-masing. Satu hal yang perlu kita pahami, guru adalah entertainer yang berusaha untuk mencerdaskan anak bangsa, jadi mari kita sama-sama belajar. :-D
Penampilan guru, Good Looking teacher, Guru yang menarik
Try to be a Good Looking Teacher :-D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »